Kamis, 22 Oktober 2009

STRATEGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

STRATEGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

TAHAPAN DESAIN
Setelah selesai dalam pengembangan proses dan model (tahapan desain logis) maka tahapan selanjutnya adalah tahap coding. Tapi sebelum menuju ke tahapan coding maka ada beberapa strategi pengembangan perangkat lunak. Bab ini menjelaskan tentang strategi pengembangan perangkat lunak
1. DESAIN
• Fase ini adalah detail dari deskripsi teknis tentang bagaimana membangun sistem yg didefinisikan.
• Biasanya bagian ini disebut spesifikasi sistem yaitu produk akhir dari fase desain yg menjelaskan dengan tepat perancangan sistem seperti apa yg akaN diimplementasikaoleh tim desain selama fase implementasi.
LANGKAH DESAIN
Adapun dalam tahap fase desain adalah :
1. Menyajikan alternatif desain ( membuat
sendiri, membeli atau outsourcing)
2. Merancang arsitektur sistem
3. Membuat pemilihan perangkat keras dan perangkat lunak.
4. Merancang bagaimana data disimpan
5. Mendesain program
6. Membuat desain spesifikasi sistem
Dalam fase desain sebaiknya hindari kesalahan berikut :
1. Pengurangan waktu rancangan
2. Penambahan fitur dari apa yg sudah ditentukan dalam fase analisis
3. Mengganti tool dan dan teknologi pada pertengahan proyek
2. STRATEGI CODING
Ada 3 strategi coding dlm pengembangan program :
1. Custom development : membangun sistem dari nol dalam rumah produksi sendiri
2. Membeli paket software dan melakukan beberapa kostumisasi
3. Melakukan outsourcing ke pihak ketiga
CUSTOM DEVELOPMENT
Strategi desain ini memiliki keunggulan utama yaitu biaya pengembanganny dapat kita kendalikan sendiri dan relatif mudah.
 Kelebihan :
1. Tingkat fleksibilitas dan kreativitas lebih tinggi
2. Cocok dan konsisten dengan teknologi dan standar yg ada
3. Mampu membangun kemampuan dan pengetahuan fungsional dari tenaga kerja yg kita miliki
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu dan usaha yg signifikan
2. Mungkin membutuhkan keahlian atau pengetahuan fungsional yg belum
3. Berpotensi terjadi pembengkakan biaya
PEMBELIAN PAKET PL
Saat ini telah tersedia berbagai paket PL dan paket tersebut pasti telah diuji serta terbukti mampu menghemat waktu dan biaya pengembangan namun paket PL sangat jarang 100% sesuai dengan kebutuhan bisnis
Kelemahan utamanya adalah paket PL bisa jadi tidak bisa diintegrasikan dg sistem yg sudah ada jika dikembangkan.
OUTSOURCING
Adalah menyewa vendor luar, pengembang atau penyedia layanan untuk menyelesaikan tahapan desain. Keuntungan utamanya adalah mengurangi waktu produksi dan nilai tambah antara lain bisa menerima lebih banyak proyek dalam periode yg sama dan melakukan outsourcing pada pihak-pihak ketiga.
Kelemahan :
1. Kehilangan informasi penting
2. Kehilangan kendali akan pengembagan di masa depan
Beberapa pedoman yg diperlukan untuk
melakukan outsourcing adalah
1. Pelihara jalur komunikasi tetap terbuka dengan pihak ketiga
2. Definisikan dan stabilisasi kebutuhan sebelum menandatangani kontrak
3. Pilihlah vendor dengan hati-hati
4. Tugaskan seseorang untuk memelihara kerjasama
MEMILIH STRATEGI DESAIN
Dalam memilih strategi desain pertimbangkan hal berikut
a. Kebutuhan bisnis
b. Pengalaman sendiri
c. Kemampuan proyek
d. Manajemen proyek
e. Frame waktu yg tersedia
3. DESAIN ARSITEKTUR
Perencanaan bagaimana sistem akan didistribusikan di antara komputer-komputer yg ada dan PL dan perangkat keras apa yg digunakan untuk masing-masing komputer.Dalam desain arsitektur perlu diperhatikan hal berikut :
1. Spesifikasi PL dan PK
2. Deskripsi detail komponen PL/PK untuk mempermudah pihak yg akan membeli PL/PK tersebut
ELEMEN DESAIN ARSITEKTUR
Komponen arsitektural dapat dibagi menjadi :
1. Data storage merupakan komponen yg digunakan untuk menyimpan data
2. Data access logic merupakan prosedur yg digunakan untuk akases data yg disimpan dalam data storage
3. Application logic merupakan bagian logika pemrosesan dlm lapis aplikasi
4. Presentation logic merupakan komponen pemrosesan rampilan dan perintah dari pengguna
TUJUAN DESAIN ARSITEKTUR
Tujuan dr desain arsitektur adalah untuk menentukan komponen PL mana yg akan diinstal ke PK yg tersedia. Adapun pilihan PKyg tersedia adalah :
1. Klien adl input/output device yg dioperasikan oleh user, seperti PC, laptop,
Hp
Pilihan untuk klien :
a. Terminal
b. Microcomputer
c. Minicomputer
2. Server
komputer yg lebih canggih untuk menyimpan PL yg bisa diakses oleh bnyk pengguna
Pilihan untuk server :
a. Mainframe
b. Microcomputer (PC)
c. Terminal khusus
PILIHAN ARSITEKTUR
SERVER BASED ARSITEKTUR
Client-Server
Pada arsitektur jenis ini empat komponen perangkat lunak (PL) diletakan pada bagian yang sama yaitu server. Terminal yg tersedia hanya digunakan sebagai perpanjangan dari server saja. Pada arsitektur ini data relatif aman tetapi beban kerja server sangat berat krn semua komponen dijalankan di server
CLIENT BASED ARSITEKTUR
Client microcomputer
Server(microcomputer)
Pada arsitektur ini data dan prosedur pengaksesan data dilayani oleh server dan masalah tampilan dan logika aplikasi dilayani oleh pengguna. Arsitektur ini cukup menjamin keamanan data karena prosedur mengakses data oleh client ditangani server
CLIENT SERVER ARSITEKTUR (TWO TIERED)
Client microcomputer
Server(microcomputer)
Pada arsitektur ini server hanya berperan sebagai data storage. Komputer klien lah yg digunakan untuk mengolah data yg dikirim oleh server. Beban kerja server sangat ringan, tetapi keamanan data sangat tergantumg kinerja dr klien.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF upload and share